PEMILU

SUKSESKAN PEMILU 2014
Dengan mengutip pendapatnya Henry Pratt Faiechild dalam Kartini Kartono (1994 :33) :

Pemimpin dalam pengertian ialah seorang yang dengan jalan memprakarsai tingkah laku sosial dengan mengatur, mengarahkan, mengorganisir atau mengontrol usaha/upaya orang lain atau melalui prestise, kekuasaan dan posisi. Dalam pengertian yang terbatas, pemimpin ialah seorang yang membimbing, memimpin dengan bantuan kualitas-kualitas persuasifnya dan akseptansi/ penerimaan secara sukarela oleh para pengikutnya.

       Sebagaimana definisi yang telah diapaparkan di atas, seorang pemimpin setidaknya mempunyai beberapa karakteristik antara lain, yaitu :
  1. Mengatur
  2.  Mengarahkan
  3. Mengorganisir
  4. Membimbing
  5. Memimpin berdasarkan pada kualitas-kualitas persuasif dan akseptansinya

Sebagai seorang pemimpin setidaknya mempunyai karakteristik yang mencerminkan dirinya sebagai seorang yang benar-benar dan sanggup menanggung tanggungjawab para pengikutnya (rakyat, masyarakat, dan organisasi). Kemudian pertanyaannya adalah apakah para pemimpin khususnya pemimpin bangsa kita sudah seperti itu? Jawabannya ada pada diri anda masing-masing. Namun disadari atau tidak setiap visi dan misi para pemimpin tentu sangat berpengaruh besar terhadap tindakan selanjutnya. Misalkan: seorang pemimpin yang mempunyai tujuan mengembangakan bangsanya melalui pendidikan, tentu hal utama yang diperhatikan dan diutamakan pemimpin tersebut yaitu sector pendidikan, Pemimpin yang mempunyai tujuan mengembangkan bangsa melalui sumberdaya baik SDA maupun SDM tentu hal yang paling utama disoroti nantinya adalah bagaimana pemberdayaan terhadap sumberdayanya dan masih banyak lagi para calon pemimpin yang tentu mempunyai visi dan misi yang berbeda-beda.
Terkait dengan pemilu 2014 yang akan diselenggarakan beberapa hari lagi sudah menjadi bahan renungan seluruh masyarakat untuk melihat dan mengetahui visi dan misi para jargon yang mencalonkan diri sebagai wakil rakyat. Dengan itulah diharapkan masyarakat tidak buta dan asal coblos saja, melainkan dengan berlandasakan pada prinsip visi dan misi itulah masyarakat memberikan hak suaranya.

Popular posts from this blog

ORGANISASI PENDIDIKAN : JENIS DAN STRATEGI PENGUATAN

DAULAH ABASYYIAH (AL MA"MUN & HARUN AL RASYID)