Strategi dan Perencanaan Pengembangan Keagamaan Pada Anak Usia Dini

  A.       Strategi Pengembangan Keagamaan Pada PAUD 1.        Menanamkan Rasa Cinta Kepada Allah SWT Diantara cara membimbing anak menuju akidah yang benar adalah dengan mendidik mereka untuk mencintai Allah. Pendidikan ini harus diberikan sejak   ini. Pada saat tersebut, mulailah mereka diperkenalkan kepada makhluk-makhluk Allah (manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan) yang terdekat disekitar mereka.   Selain itu, juga perlu diupayakan adanya keterikatan antara mereka dengan yang   telah menciptakannya, pemilik keagungan, pemberi nikmat, dan maha dermawan.   Dengan bentuk seperti ini anak pasti akan mencintai Allah (Rajih, 2008: 87-88) Rasa cinta kepada Allah beserta seluruh ciptaannya dapat diperkenalkan pada anak usia dini melalui pembelajaran saintifik. Pembelajaran saintifik tersebut akan mengenalkan akan pada makhluk ciptaan Allah sekaligus mengenalkan anak untuk mencintai ilmu pengetahuan dengan proses mengamati. Menciptakan rasa cinta kepada Allah juga diikuti oleh men

Keunggulan Kuliah di UIN Sunan Kalijaga


Biaya pendidikan diperguruantinggi sekarang itu memang sangat mahal. Untuk masuk perguruan tinggi favorit saja banyak orang tua yang rela merogoh kockenya dalam-dalam demi bisa melihat putra-putrinya duduk di Universitas favorit. Tak khayal praktik perjokian masuk universitas favoritpun merebak dibanyak Universitas ternama di Indonesia.

            Namun hal itu tidak berlaku untuk kampus putihUIN Sunan Kalijaga. Karena bisa dikatakan.
UIN Sunan Kalijaga merupakan perguruan tinggi termurah di Jogjakarta bahkan di Indonesia. Dengan hanya byiaya SPP Rp 600.000,00 per semester atau bisa dikatakan Rp 100.000,00 per bulan, seseorang sudah bisa menikmati bangku kuliah di UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta ini. Biyaya sebesar itu tergolong sangat kecil jika dibanding dengan biaya pendidikan SMA yang mencapai Rp 125.000,00. Bahkan biaya TK saja sudah ada yang mencapai Rp 200.000,per bulan.

Walau pun biaya pendidikannya murah, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta tidak pernah mengabaikan kualitas pelayanan terhadap mahasiswa-mahasiswanya. Fasilitas seperti perpustakaan, masjid, poliklinik, hot spot dan gedung olahraga sudah berstandar nasional. Manajemen birokrasinyapun menunjukan kinerja yang makin hari makin membaik.

Dengan misi barunya yakni integrasi-interkoneksi antara ilmu agama dengan ilmu-ilmu duniawi seperti ilmu filsafat, sosial, sains, budaya, dan lainnya, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta menampilkan diri sebagai universitas yang menjunjung tinggi nilai agama dan ilmu. Karena ilmu tanpa agama adalah buta dan agama tanpa ilmu adalah pincang.

Semoga keunggulan itu semua menjadi titik tumpu bagi UIN Sunan Kalijaga Jogjakata untuk lebih meningkatkan kualitasnya pelayanannya sebagai Universitas yang mengintegrasi-interkoneksi antara ilmu agama dan ilmu duniawi untuk membentuk out put yang berakhlak dan berilmu.

Comments

Popular posts from this blog

ALIRAN NATIVISME, EMPIRISME DAN KONVERGENSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

ORGANISASI PENDIDIKAN : JENIS DAN STRATEGI PENGUATAN

IPTEK dan Seni Dalam Pandangan Islam