Strategi dan Perencanaan Pengembangan Keagamaan Pada Anak Usia Dini

  A.       Strategi Pengembangan Keagamaan Pada PAUD 1.        Menanamkan Rasa Cinta Kepada Allah SWT Diantara cara membimbing anak menuju akidah yang benar adalah dengan mendidik mereka untuk mencintai Allah. Pendidikan ini harus diberikan sejak   ini. Pada saat tersebut, mulailah mereka diperkenalkan kepada makhluk-makhluk Allah (manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan) yang terdekat disekitar mereka.   Selain itu, juga perlu diupayakan adanya keterikatan antara mereka dengan yang   telah menciptakannya, pemilik keagungan, pemberi nikmat, dan maha dermawan.   Dengan bentuk seperti ini anak pasti akan mencintai Allah (Rajih, 2008: 87-88) Rasa cinta kepada Allah beserta seluruh ciptaannya dapat diperkenalkan pada anak usia dini melalui pembelajaran saintifik. Pembelajaran saintifik tersebut akan mengenalkan akan pada makhluk ciptaan Allah sekaligus mengenalkan anak untuk mencintai ilmu pengetahuan dengan proses mengamati. Menciptakan rasa cinta kepada Allah juga diikuti oleh men

Peningkatan Mutu Pendidikan

Pendidikan adalah sarana untuk mencerdaskan suatu bangsa hal ini tercantum dalam UUD Tahun 1945 yang berbunyi : Melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Demi merealisasikan pendidikan yang berkualitas dan bermutu tentu dibutuhkan adanya satu sistem pendidikan nasional yang bermutu dan mengikatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Untuk merealisasikan pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan harapan masyarakat, tentu harus ada standar yang digunakan dalam setiap satuan pendidikan yang mana setiap satuan pendidikan tersebut digunakan sebagai alat evaluasi dalam pengembangan sumberdaya manusia. Jika standar pendidikan nasional itu tidak digunakan, maka yang terjadi adalah lembaga atau institusi pendidikan seenaknya sendiri dalam menjalankan prosesnya karena tidak adanya pengawasan dari pemerintah.

satu program yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah adalah upaya peningkatan mutu pendidikan secara nasional. Hal ini dimaksudkan supaya setiap lembaga pendidikan dapat memberikan jaminan mutu layanannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Apabila setiap lembaga pendidikan memberikan jaminan mutu dan upaya secara nasional meningkat otomatis sumberdaya manusianya ikut pula berkembang atau maju.


Berangkat dari gagasan di atas maka untuk membandingkan serta memetakan mutu dari setiap satuan pendidikan, perlu dilakukan akreditasi bagi setiap lembaga dan program pendidikan. Dalam proses pelaksanaannya akreditasi dilakukan secara bertahap dan terbuka tujuannya adalah membantu dan memberdayakan satuan pendidikan agar mampu mengembangkan sumber dayanya dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.

Comments

Popular posts from this blog

ALIRAN NATIVISME, EMPIRISME DAN KONVERGENSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

ORGANISASI PENDIDIKAN : JENIS DAN STRATEGI PENGUATAN

IPTEK dan Seni Dalam Pandangan Islam