Peningkatan Mutu Pendidikan

Pendidikan adalah sarana untuk mencerdaskan suatu bangsa hal ini tercantum dalam UUD Tahun 1945 yang berbunyi : Melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Demi merealisasikan pendidikan yang berkualitas dan bermutu tentu dibutuhkan adanya satu sistem pendidikan nasional yang bermutu dan mengikatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Untuk merealisasikan pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan harapan masyarakat, tentu harus ada standar yang digunakan dalam setiap satuan pendidikan yang mana setiap satuan pendidikan tersebut digunakan sebagai alat evaluasi dalam pengembangan sumberdaya manusia. Jika standar pendidikan nasional itu tidak digunakan, maka yang terjadi adalah lembaga atau institusi pendidikan seenaknya sendiri dalam menjalankan prosesnya karena tidak adanya pengawasan dari pemerintah.

satu program yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah adalah upaya peningkatan mutu pendidikan secara nasional. Hal ini dimaksudkan supaya setiap lembaga pendidikan dapat memberikan jaminan mutu layanannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Apabila setiap lembaga pendidikan memberikan jaminan mutu dan upaya secara nasional meningkat otomatis sumberdaya manusianya ikut pula berkembang atau maju.


Berangkat dari gagasan di atas maka untuk membandingkan serta memetakan mutu dari setiap satuan pendidikan, perlu dilakukan akreditasi bagi setiap lembaga dan program pendidikan. Dalam proses pelaksanaannya akreditasi dilakukan secara bertahap dan terbuka tujuannya adalah membantu dan memberdayakan satuan pendidikan agar mampu mengembangkan sumber dayanya dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.

Popular posts from this blog

ORGANISASI PENDIDIKAN : JENIS DAN STRATEGI PENGUATAN

DAULAH ABASYYIAH (AL MA"MUN & HARUN AL RASYID)