Akreditasi Sekolah dan Madrasah

Akreditasi Sekolah dan Madrasah


Secara terminologi, akreditasi didefinisikan sebagai suatu proses penilaian kualitas dengan menggunakan kriteria baku mutu yang ditetapkan dan bersifat terbuka. Dalam konteks dapat diberikan pengertian sebagai suatu proses penilaiankualitas madrasah, baik madrasah negri maupun swasta dengan menggunakan kriteria baku mutu yang ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga akreditasi. Hasil penilaian tersebut, selanjutnya dijadikan dasar untuk memelihara dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan  dan pelayanan pendidikan lembaga yang bersangkutan.[1]
Akreditasi sekolah adalah proses penilaian secara komprehensip terhadap kelayakan dan kinerja lembaga atau program kebijakan pendidikan, yang dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas public. Didalam proses akreditasi sebuah sekolah dievaluasi sedalam mungkin kaitannya dengan arah dan tujuannya serta didasarkan pada keseluruhan kondisi sekolah sebagai sebuah institusi belajar.[2]
Walaupun beragam perbedaan dimungkinkan terjadi antar sekolah, tetapi sekolah dievaluasi berdasarka standar tertentu. Standar diharapkan dapat mendorong dan menciptakan suasana kondusif bagi pertumbuhan pendidikan dan memberikan arahan untuk evaluasi diri yang berkelanjutan, serta menyediakan perangsang untuk terus berusaha mencapai mutu yang diharapkan.[3]
Akreditasi diharapkan merupakan instrument yang mendorong sekolah untuk menyediakan layanan pendidikan yang bermutu dengan memberikan keyakinan kepada peserta didik khususnya dan masyarakat pada umumnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa proses akreditasi dalam makna proses adalah peneltian dan pengembangan mtu sekolah secara berkelanjutan. Akreditasi dalam makna hasil meyatakan pengakuan bahwa suatu sekolah telah memenuhi standar kelayakan pendidikan yang telah ditentukan.[4]




[1] Ibid., hlm. 5-6.
[2] Moh. Fathurrohman & Sulistyorini, Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam.(Yogyakarta: Cet’Sukses Offset, 2012). Hlm. 217.
[3] Ibid.,
[4] Ibid.,218

Popular posts from this blog

ORGANISASI PENDIDIKAN : JENIS DAN STRATEGI PENGUATAN

DAULAH ABASYYIAH (AL MA"MUN & HARUN AL RASYID)