RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan :
MTsN Jatimulyo
Kelas/ Semester :
IX / Gasal
Pertemuan Ke :
II
Alokasi : ( 2 x 30 Menit)
1. Standar
kompetensi
a. Menerapkan
Akhlak Terpuji Kepada Diri Sendiri
2.
Kompetensi Dasar
a. Menjelaskan
pengertian dan pentingnya berilmu dan bekerja keras.
b. Mengidentifikasi
bentuk dan contoh-contoh berilmu dan bekerja keras.
c. Menunjukan
nilai-nilai positif dari berilmu dan bekerja keras.
d. Membiasakan
perilaku berilmu dan bekerja keras.
3.
Indikator
a. Siswa mampu memahami tentang berilmu
dan bekerja keras.
b. Menjelaskan
pengertian dari berilmu dan bekerja keras.
c. Menyebutkan
contoh-contoh berilmu dan bekerja keras.
d. Siswa
dapat membedakan macam-macam dari contoh berilmu dan bekerja keras.
e. Siswa dapat menerapkan contoh-contoh berilmu dan
bekerja keras kehidupan sehari-hari.
4.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
memeplajari materi Menerapkan Akhlak Terpuji Kepada Diri Sendiri
diharapkan:
a.
Siswa mampu memahami tentang berilmu dan bekerja keras.
b.
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh
berilmu dan bekerja keras.
c.
Menunjukan nilai-nilai positif dari berilmu
dan bekerja keras.
d.
Membiasakan perilaku berilmu dan bekerja
keras dalam kegiatan sehari-hari.
5.
Materi Pembelajaran
Ilmu menurut bahasa artinya pengetahuan
atau kepandaian. Sedangkan berilmu artinya memiliki pengetahuan atau
kepandaian. Orang yang berilmu adalah orang yang memiliki pengetahuan dan
kepandaian. Ayat
Al Quran tentang perintah menuntut ilmu:
1. Bacalah dengan (menyebut) nama
Tuhanmu yang Menciptakan,
2. Dia Telah menciptakan manusia dari
segumpal darah.
3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha
pemurah,
4. Yang mengajar (manusia) dengan
perantaran kalam[1589],
5. Dia mengajar kepada manusia apa yang
tidak diketahuinya.
Ciri-ciri orang yang
berilmu:
a.
Rendah hati, ibarat tanaman padi, kian berisi
kian merunduk.
b.
Setiap melakukan pekerjaan selalu
diperhitungkan baik buruknya atau untung ruginya.
c.
Menghargai orang lain.
d.
Menghargai waktu.
e.
Gemar membaca dan suka mencari informasi.
f.
Bekerja dengan rencana program jelas.
g.
Tidak suka berbicara tentang sesuatu tang
tidak ada gunanya.
h.
Tidak mengerjakan sesuatu yang tidak
bermanfaat.
i.
Suka berbagi informasi.
j.
Suka memberikan ilmu yang ia miliki atau
mengajarkannya kepada orang lain.
Kerja keras adalah melakukan sesuatu
dengan semangat atau tekad yang tinggi.
Ciri-ciri orang yang
memiliki sikap kerja keras.
Orrang
yang memiliki sikap bekerja keras dapat diketahui dari sikap dan perilakunya
antara lain sbb:
a. Semangat
bekerja yang tak penah padam.
b. Berprinsip
bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok atau harus
lebih baik dari hari ini.
c. Menerima
kegagalan sebagai pelajaran untuk memperbaiki kesalahan.
d. Optimis
dalam memandang berbagai permasalahan, bahwa permasalahan bukan untuk
dihindari, tetapi untuk dihadapi dan diselesaikan.
e. Terbuka
terhadap kritik, saran dan nasihat dari orang lain.
f. Suka mengambil pelajaran atas keberhasilan
dari orang lain.
g. Bersyukur
atas keberhasilan yang diperolehnya, dan bersabar atas kegagalan yang
dialaminya.
6.
Metode Pengajaran : Ceramah, Everyone
Is Teacher Here, Interactive lecturing, dan Resitasi. Langkah
Pembelajaran :
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
2
3
|
Intro /
Pendahuluan.
a. Guru
bersama-sama siswa memulai pelajaran dengan membaca basamalah.
b. Guru
menunjukkan kompetensi dasar yang akan dicapai setelah proses pembelajaran.
c.
Guru menulis pokok bahasan pada papan tulis.
Kegiatan
Inti.
a. Guru
memberikan pengertian materi yang telah diajarkan.
b. Guru
menjelaskan materi yang diajarkan, kemudian guru membagi kertas kosong kepada
siswa.
c. Guru menyuruh siswa untuk membuat satu pertanyaan.
d. setelah
pertanyaan selesai dibuat oleh siswa, guru megumpulkanya pertanyaan tersebut.
e. Kemudian guru menukarkan dengan pertanyaan teman lainya untuk difikirkan
jawabanya.
f. setelah
mengetahui jawabanya guru menanyakan siapa yang ingin mencoba
membacakan pertanyaan dan mencoba menjawabnya, setelah itu guru menegaskan
kembali jawaban dari pertanyaan yang dibahas.
g.
Guru menyimpulkan materi dan menutup pelajaran dengan berdoa bersama
Penutup.
a. Beberapa
siswa diminta untuk menjelaskan kembali pelajaran yang telah diajarkan.
b. Guru
menyimpulkan materi pelajaran.
|
2 menit
2 menit
1 menit
10 menit
15 menit
15 menit
7 menit
8 menit
5 menit
5 menit
7 menit
3 menit
|
Lecturing
Lecturing
Elisaitasi
Interactive
Lecturing
Everyone Is Teacher Here
Resitasi
Lecturing
|
|
Jumlah
|
90 menit
|
|
7.
Penilaian
Aspek
|
Indikator
|
Contoh Instrumen
|
Jenis Tes
|
Bentuk Tes
|
Skor
|
Kognitif
|
A
|
1. jelaskan
pengertian berilmu dan bekerja keras?
2. Sebutkan Ayat Al Quran yang menjelaskan tentang
perintah menuntut ilmu?
3. Sebutkan Ciri-ciri orang yang berilmu?
4. Sebutkan Ciri-ciri orang yang memiliki sikap kerja keras?
|
Tes Verbal
|
Essay
|
30
|
Afektif
|
B
|
Keaktifan siswa dalam KBM dan partisipasi dlam kelas.
|
Non-tes
|
Lembar Pengamatan
|
30
|
Psikomotor
|
C
|
Keaktifan
siswa
|
Non tes
|
Lembar pengamatan
|
40
|
Kunci Jawaban
Ilmu menurut bahasa artinya pengetahuan
atau kepandaian. Sedangkan berilmu artinya memiliki pengetahuan atau
kepandaian. Orang yang berilmu adalah orang yang memiliki pengetahuan dan
kepandaian.
Ayat Al Quran tentang
perintah menuntut ilmu:
اقْرَأْ
بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ
وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ
مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)
a. Bacalah
dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,
b. Dia
Telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
c. Bacalah,
dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,
d. Yang
mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589],
e. Dia
mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
Ciri-ciri orang yang
berilmu:
a. Rendah
hati, ibarat tanaman padi, kian berisi kian merunduk.
b. Setiap
melakukan pekerjaan selalu diperhitungkan baik buruknya atau untung ruginya.
c. Menghargai
orang lain.
d. Menghargai
waktu.
e. Gemar
membaca dan suka mencari informasi.
f. Bekerja
dengan rencana program jelas.
g. Tidak
suka berbicara tentang sesuatu tang tidak ada gunanya.
h. Tidak
mengerjakan sesuatu yang tidak bermanfaat.
i.
Suka berbagi informasi.
j.
Suka memberikan ilmu yang ia miliki atau
mengajarkannya kepada orang lain.
Kerja keras adalah melakukan
sesuatu dengan semangat atau tekad yang tinggi.
Ciri-ciri orang yang
memiliki sikap kerja keras.
Orrang
yang memiliki sikap bekerja keras dapat diketahui dari sikap dan perilakunya antara lain sbb:
a. Semangat
bekerja yang tak penah padam.
b. Berprinsip
bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok atau harus
lebih baik dari hari ini.
c. Menerima
kegagalan sebagai pelajaran untuk memperbaiki kesalahan.
d. Optimis
dalam memandang berbagai permasalahan, bahwa permasalahan bukan untuk
dihindari, tetapi untuk dihadapi dan diselesaikan.
e. Terbuka
terhadap kritik, saran dan nasihat dari orang lain.
f. Suka mengambil pelajaran atas keberhasilan
dari orang lain.
g. Bersyukur atas keberhasilan yang
diperolehnya, dan bersabar atas kegagalan yang dialaminya.
8.
Alat : Spidol, White Board, kertas
hvs,
9.
Sumber Belajar
Poetra
Juma’ Darma, dkk. Pendidikan
Agama Islam.
Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. 2007.
Drs , masam. Pendidikan
agama islam, Aqidah Akhlak. Toha putra 2009.
Comments
Post a Comment