Konsep Etika, Moral dan Akhlak

Image
PENDAHULUAN
Di era global ini yang semakin berkembang dan maju perilaku seorang muslim semakin beraneka ragam. Manusia cenderung meniru pola hidup yang bergaya serta mewah sehingga lupa dengan adanya etika, moral dan akhlaq yang kurang dihiraukan ataupun dijadikan pedoman dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan manusia pada kenyataannya sekarang kurang pengetahuan akan etika, moral dan akhlaq, padahal sejarah agama menunjukan bahwa kebahagiaan yang ingin didapatkan dengan menjalankan syariah agama yang hanya dapat terlaksana dengan adanya akhlaq yang baik. Selama ini, pelajaran etika, moral dan akhlaq sudah diperkenalkan sejak di sekolah dasar, yakni pada Pendidikan Agama Islam serta Pancasila. Namun, pelajaran etika, moral dan akhlaq kurang diaplikasikan ke dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Timbulnya kesadaran akhlaq merupakan pangkalan yang menentukan corak hidup manusia. Kesadaran akhlaq adalah kesadaran manusia tentang dirinya sendiri dimana dapat melihat serta merasakan diri sendi…

ABSTRAK



ABSTRAK

FATONI ACHMAD. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Syair Lagu “Titip Rindu Buat Ayah” Kaya Ebid G. AD. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2008.

Karya sastra selalu memberikan pesan atau amanah untuk berbuat baik, dan masyarakat atau pembaca diajak untuk menjunjung tinggi nilai-nilai akhlak. Dengan cara yang berbeda sastra, filsafat dan agama, dianggap sebagai sarana untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan yang halus, manusia dan berbudaya. (Djojonegoro, 1998:425). Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode analis isi (Content analisys).

Hasil penelitian menunjukkan : 1) Ada pesan pendidikan akhlak dalam syair lagu “Titip Rindu Buat Ayah Karya Ebid G. AD”, yaitu pertama, akhlak kepada Allah SWT. meliputi tabah, ikhlas dan bersyukur dalam menghadapi takdir Allah SWT. Kedua, akhlak kepada keluarga meliputi kasih sayang dan tanggungjawab orang tua terhadap anaknya sabar. Ketiga akhlak kepada diri sendiri yaitu sabar dalam menempuh hidup secara mandiri 2) ada relavansi yang sangat erat antara nilai-nilai pendidikan akhlak dalam syair tersebut dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Keduanya sama-sama mengajak manusia kepada kebaikan dan meninggalkan hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia kepada Allah, kepada keluarga maupun kepada diri sendiri.

Popular posts from this blog

DAULAH ABASYYIAH (AL MA"MUN & HARUN AL RASYID)

ORGANISASI PENDIDIKAN : JENIS DAN STRATEGI PENGUATAN