Hukum Jual Beli Sperma Manusia Dan Adanya Bank Sperma Menurut Islam

Image
Praktek jual beli sperma sekarang tengah merajalela dalam kehidupan bermasyarakat, banyak suami istri yang susah memiliki anak bahkan sampai ada yang didiagnosa tidak akan memiliki anak (mandul) melakukan berbagai cara agar dapat memiliki anak. Karena anak bagi sebagian masyarakat adalah harta termewah untuk kehidupan masa depan mereka dan sebagai penerus keturunan mereka. Apalagidengan adanya kemajuan teknologi dibidang kedokteran yang membentuk bank sperma (cryiobanking) agar orang dapat membelinya dan memiliki anak dengan cara enseminasi buatan, enseminasi buatan diambil dari pendonor sperma tanpa menghiraukan adanya perkawinan atau tidak. Hal ini tentu akan menjadi permasalahan dengan nasab anak tersebut. Sehingga timbul berbagai pertanyaan dalam masyarakat apakah memiliki anak dengan cara enseminasi buatan termasuk perbuatan zina? karena tidak diketahui siapakah bapak biologis si anak tersebut, sedangkan zina dalam Islam termasuk perbuatan yang haram. Ada juga yang menggunakan ba…

ABSTRAK



ABSTRAK

FATONI ACHMAD. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Syair Lagu “Titip Rindu Buat Ayah” Kaya Ebid G. AD. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2008.

Karya sastra selalu memberikan pesan atau amanah untuk berbuat baik, dan masyarakat atau pembaca diajak untuk menjunjung tinggi nilai-nilai akhlak. Dengan cara yang berbeda sastra, filsafat dan agama, dianggap sebagai sarana untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan yang halus, manusia dan berbudaya. (Djojonegoro, 1998:425). Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode analis isi (Content analisys).

Hasil penelitian menunjukkan : 1) Ada pesan pendidikan akhlak dalam syair lagu “Titip Rindu Buat Ayah Karya Ebid G. AD”, yaitu pertama, akhlak kepada Allah SWT. meliputi tabah, ikhlas dan bersyukur dalam menghadapi takdir Allah SWT. Kedua, akhlak kepada keluarga meliputi kasih sayang dan tanggungjawab orang tua terhadap anaknya sabar. Ketiga akhlak kepada diri sendiri yaitu sabar dalam menempuh hidup secara mandiri 2) ada relavansi yang sangat erat antara nilai-nilai pendidikan akhlak dalam syair tersebut dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Keduanya sama-sama mengajak manusia kepada kebaikan dan meninggalkan hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia kepada Allah, kepada keluarga maupun kepada diri sendiri.

Popular posts from this blog

DAULAH ABASYYIAH (AL MA"MUN & HARUN AL RASYID)

ORGANISASI PENDIDIKAN : JENIS DAN STRATEGI PENGUATAN