CIPP

Model CIPP merupakan satu model penilaian program yang dapat dikatakan cukup memadai. CIPP merupakan akronim yang terdiri dari :
1.        Context evaluation
Adalah analisis masalah yang berhubungan dengan kesenjangan antara kondisi sekarang dengan yang diharapkan dalam lingkungan pendidikan. Penilian konteks dilakukan untuk menjawab :
a.    Kebutuhan apa saja yang belum terpenuhi oleh  kegiatan program ?
b.    Tujuan pengembangan manakah yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan ?
c.    Tujuan pengembangan manakah yang berhubungan dengan kegiatan yang menyumbang masyarakat
d.   Tujuan-tujuan manakah yang paling mudah dicapai ?
2.        Input Evaluation
Meliputi pertimbangan tentang sumber dan strategi yang dierlukan untuk mencapai tujuan umum maupun tujuan khusus suatu program. Penilaian masukan dilakukan untuk menjawab :
a.    Apakah strategi yang digunakan sudah sesuai ?
b.    Apakah strategi yang diambil sudah resmi ?
c.    Strategi manakah yang sudah ada sebelumnya cocok untuk mencapai tujuan ?
d.   Prosedur manakah yang digunakan untuk melaksaakan strategi tersebut ?
e.    Akibat apakah yang timbul dari pelaksanaan program tersebut ?
3.        Process Evaluation
Meliputi koleksi data penilaian yang telah ditentukan dan ditetapkan dalam praktek  Melihat catatan kejadian-kejadian yang muncul selama program berlangsung dari waktu ke waktu
4.        Product Evaluation
Adalah penilaian yang dilakukan oleh penilai dalam mengukur keberhasilan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.[1]




[1] Jamroh Latief, Handout “Penilaian Program Pendidikan”, Tarbiyah UIN SUKA, hal. 12-17

Popular posts from this blog

ORGANISASI PENDIDIKAN : JENIS DAN STRATEGI PENGUATAN

DAULAH ABASYYIAH (AL MA"MUN & HARUN AL RASYID)