Tindakan Preventiv Menghindari Plagiasi


Tindakan Preventiv Menghindari Plagiasi

Mahasiswa merupakan salah satu generasi bangsa yang notabanenya dapat dikatan intelektualis, namun apa jadinya apabila mahasiswa yang seharusnya menjaga serta ikut dalam pembangunan suatu negara ternyata dalam praktek kesehariannya melakukan tindakan yang tidak semestinya dilakukan antara lain :
  1. Melakukan pemalsuan karya ilmiah
  2. Melakukan tindakan plagiasi, atau
  3. Bahkan yang lebih ekstrim lagi ada beberapa mahasiswa yang dalam menyelesaikan tugas akhirnya menggunakan jasa pelayanan.

Tentu hal demikian sangatlah miris sekali, namun fenomena tersebut memang benar terjadi. problem tersebut kesannya terlihat seperti biasa saja ditingkat perguruan tinggi manapun, pertanyaannya kemudian adalah apakah karena sudah menjadi budaya mahasiswa disetiap perguruan tinggi seperti itu?.
Prilaku prilaku di atas, tentu akan berdampak pada saat mereka dihadapkan dengan situasi sosial masyarakat yang kongret, karena kebiasaan yang instan dan tidak jujur, maka tidak menutup kemungkinan mereka melakukan penyelewengan terhadap amanah yang dipikulnya. sebenarnya ada beberapa tindakan preventif yang dapat menghindarkan mahasiswa dari budaya yang demikian, antara lain :
1.      Dengan membiasakan mahasiswa menulis essay dan paper
2.      Dengan menerapkan diskusi aktif kolaboratif
3.      Monitoring Dosen kepada mahasiswa
4.      Menganjurkan disetiap daftar pustaka dari sumbernya asli buku, koran, majalah, journal, atau bahkan interview langsung kepada penulis.
5.      Pembatasan sumber yang berasal dari internet.
6.      Memberikan waktu yang cukup untuk pembuatan tugas
Dengan menerapkan beberapa tindakan preventif di atas tentu akan membuat mahasiswa belajar bahwa menyusun makalah atau tugas ternyata dibutuhkan pemahaman. selain itu, mahasiswa akan memperoleh pengetahuan atau gambaran secara utuh terhadap karya mereka.



Popular posts from this blog

ORGANISASI PENDIDIKAN : JENIS DAN STRATEGI PENGUATAN

DAULAH ABASYYIAH (AL MA"MUN & HARUN AL RASYID)