Konsep Etika, Moral dan Akhlak

Image
PENDAHULUAN
Di era global ini yang semakin berkembang dan maju perilaku seorang muslim semakin beraneka ragam. Manusia cenderung meniru pola hidup yang bergaya serta mewah sehingga lupa dengan adanya etika, moral dan akhlaq yang kurang dihiraukan ataupun dijadikan pedoman dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan manusia pada kenyataannya sekarang kurang pengetahuan akan etika, moral dan akhlaq, padahal sejarah agama menunjukan bahwa kebahagiaan yang ingin didapatkan dengan menjalankan syariah agama yang hanya dapat terlaksana dengan adanya akhlaq yang baik. Selama ini, pelajaran etika, moral dan akhlaq sudah diperkenalkan sejak di sekolah dasar, yakni pada Pendidikan Agama Islam serta Pancasila. Namun, pelajaran etika, moral dan akhlaq kurang diaplikasikan ke dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Timbulnya kesadaran akhlaq merupakan pangkalan yang menentukan corak hidup manusia. Kesadaran akhlaq adalah kesadaran manusia tentang dirinya sendiri dimana dapat melihat serta merasakan diri sendi…

Strategi Pembelajaran

Urgensi Strategi Pembelajaran

Strategi Pembelajaran


Mengajar adalah membuat hasil belajar dapat tercapai (teaching as making learning possible). Ini dapat diterjemahkan secara konstektual bahwa mengajar adalah usaha yang memanfaatkan berbagai strategi, metode dan teknik guna memungkinkan tercapainya kompetensi/ hasil belajar tertentu (dalam arti, terjadinya perubahan dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak mampu menjadi mampu). Implikasi perubahan ini adalah semakin tinggi kualitas kompetensi hasil belajar yang diperoleh siswa atau mahasiswa, semakin tinggi pula tingkat kualitas kompetisi yang kelak mereka perankan dalam kualitas.

Strategi pembelajaran partisipatoris aktif sebagai desain pembelajaran inovatif adalah suatu alternatif pengayaan pembelajaran tradisional (normative lecturing atau ceramah normatif). Arti penting strategi pembelajaran adalah kunci peningkatan jaminan kualitas pembelajaran. strategi pembelajaran aktif merupakan satu alternatif yang memungkinkan untuk melakukan konstektualisasi guna menciptakan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, yang pada gilirannya mendorong kemudahan peningkatan jaminan kualitas keguruan.


Kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanpa strategi berarti kegiatan tersebut dilakukan tanpa pedoman dan arah yang jelas, yang dapat menyebabkan terjadinya penyimpangan dan pada akhirnya akan mengakibatkan tidak tercapainya kompetensi. Di sinilah letak urgensinya memahami strategi pembelajaran dan terampil dalam mempraktikkannya.

Popular posts from this blog

DAULAH ABASYYIAH (AL MA"MUN & HARUN AL RASYID)

ORGANISASI PENDIDIKAN : JENIS DAN STRATEGI PENGUATAN