Strategi Pembelajaran

Urgensi Strategi Pembelajaran

Strategi Pembelajaran


Mengajar adalah membuat hasil belajar dapat tercapai (teaching as making learning possible). Ini dapat diterjemahkan secara konstektual bahwa mengajar adalah usaha yang memanfaatkan berbagai strategi, metode dan teknik guna memungkinkan tercapainya kompetensi/ hasil belajar tertentu (dalam arti, terjadinya perubahan dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak mampu menjadi mampu). Implikasi perubahan ini adalah semakin tinggi kualitas kompetensi hasil belajar yang diperoleh siswa atau mahasiswa, semakin tinggi pula tingkat kualitas kompetisi yang kelak mereka perankan dalam kualitas.

Strategi pembelajaran partisipatoris aktif sebagai desain pembelajaran inovatif adalah suatu alternatif pengayaan pembelajaran tradisional (normative lecturing atau ceramah normatif). Arti penting strategi pembelajaran adalah kunci peningkatan jaminan kualitas pembelajaran. strategi pembelajaran aktif merupakan satu alternatif yang memungkinkan untuk melakukan konstektualisasi guna menciptakan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, yang pada gilirannya mendorong kemudahan peningkatan jaminan kualitas keguruan.


Kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanpa strategi berarti kegiatan tersebut dilakukan tanpa pedoman dan arah yang jelas, yang dapat menyebabkan terjadinya penyimpangan dan pada akhirnya akan mengakibatkan tidak tercapainya kompetensi. Di sinilah letak urgensinya memahami strategi pembelajaran dan terampil dalam mempraktikkannya.

Popular posts from this blog

ORGANISASI PENDIDIKAN : JENIS DAN STRATEGI PENGUATAN

DAULAH ABASYYIAH (AL MA"MUN & HARUN AL RASYID)