SUDUT PANDANG KEHIDUPAN MASA PERADABAN

Oleh : Amellia Ayu Febriani, K1C016037
masa peradaban

BAB I
Pendahuluan

A.Latar Belakang
            Dunia ini adalah tempat fatamorgana dari kehidupan, dimana yang tidak nyata terlihat nyata, dan yang nyata terlihat tidak nyata. Seperthi halnya bayangan dalam air yang jernih ketika kita melihat bayagan kita di dalam air itu terlihat bahwasanya dalam pikiran kita berpandangan bahwa dunia ini terlihat nyata ada dua, namun ketika kita ingin membuktikannya dengan menjeburkan diri ke-dalam air itu maka akan terbukti bahwasanya pemikiran itu tidak nyata. Kita sebagai manusia bisa merasakan apa itu yang di sebut dengan fatamorgana kehidupan dengan melihat contoh tadi. Dalam hal ini perlu kita ketahui tentang peradaban yang ada di bumi ini, tentang kehidaupan yang ada di bumi ini dari masa lampau hingga masa sekarang ini, dimana semua kehidupan itu mengalami perubahan dalam segi fisik maupun materialnya seperti contohnya atmosfer di bumi kita yang semakin lama semakin tipis karena pemanasan global hal itu terjadi karena semakin berkembangnya teknologi yang ada di bumi ini.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai generasi muda saat ini dengan masa peradaban yang sudah terjadi lama sekali di bumi ini, dari massa clasic hingga masa modern saat ini. Kehidupan sekarang itu banyak sekali di penuhi kemewahan, ketidak adilan, kekerasan, dan juga kriminalitas yang lainnya, hal itu terjadi karena di zaman modern saat ini banyak sekali orang yang tidak memahami paham kehidupan dalam dirinya sendiri. Dimana sebenarnya setiap individu memiliki pandangan hidupnya sendiri-sendiri, dan memiliki susunan konsep kehidupannya sendiri, hal itulah yang nantinya akan menentukan seseorang menjadi orang yang luar biasa ataupun orang yang biasa saja. Ketika kita melihat orang dengan pakaian rapih memakai jas, dasi, dan membawa mobil mewah kita akan memandang bahwasanya itu adalah orang sukses dan memiliki kehidupan yang luar biasa, namun ketika kita melihat orang yang berpakaian tidak rapih, kusut, dan kotor tidak terawat pasti kita akan memandang seseorang itu adalah sebagai orang yang biasa saja. Kepribadian dalam setiap individu itulah yang akan menentukan hal itu dalam kehidupannya kelak di kemudian hari.

B. Tujuan
1. Memberikan informasi tentang sudut pandang kehidupan
2. Mengajarkan seseorang agar bisa tahu apa potensi dalam dirinya
3. Mengajarkan konsep pemikiran dalam hidup
4. Menciptakan pandangan hidup yang baik untuk seseorang
5. Mengajarkan seseorang untuk berfikir lebih logis

C. Rumusan Masalah
1. Generasi muda masa kini dalam peradaban
2. Dasar pemkiran dalam kehidupan
3. Teori tentang kehidupan dalam peradaban
4. Konsep hidup pada masa peradaban




BAB II
PEMBAHASAN
            

           1. Generasi Muda Masa Kini Dalam peradaban

Berbicara tentang masa depan, masa depan adalah sebuah kata yang sering kita ucapkan namun sering pula kita lupakan. Mengapa dilupakan ? Sejatinya sebuah masa depan merupakan kumpulan harapan-harapan indah para remaja. Namun bukan hanya para remaja, orang tua, keluarga bahkan negara selalu menaruh harapan indah dimasa depan. Masa depan bisa diartikan pula sebagai cita-cita. Namun apa yang terakadang kita harapkan seakan tak sejalan dengan apa yang terjadi pada saat sekarang, hal itu yang membuat kita melupakan harapan-harapan indah yang telah diukir didalam angan kebahagiaan.
Apa kabar generasi masa depan untuk bangsa ? Ya, pertanyaan itu yang patut dipertanyakan pada mereka generasi masa depan. Generasi masa depan disini adalah mereka para remaja yang nantinya akan menjadi penerus bangsa indonesia. Remaja sejatinya adalah seseorang dengan sejuta bahkan lebih imajinasi dan ambisi. Remaja seakan identik dengan tingkahnya yang energik tanpa kenal lelah dan memiliki rasa penasaran yang tinggi.
Masih ingatkah kalian dengan kalimat yang diucapkan Bung Karno “Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” ya kalimat tersebut seakan sudah femiliar ditelinga kita masyarakat indonesia, dari kalimat tersebut sudah jelas terlihat pengaruh pemuda bagi indonesia bahkan dunia. Generasi tua yang sudah berjuang demi kemajuan bangsa sekarang digantikan oleh para pemuda. Namun tak seindah harapannya, para pemuda kini seakan lupa akan tanggung jawabnya sebagai generasi penerus bangsa, generasi muda yang sangat diharapkan oleh generasi tua dapat meneruskan perjuangannya. Mereka lebih memilih untuk bersenang-senang untuk sesaat dan semua yang dilakukan mereka hanya menimbulkan kerusakan pada diri mereka sendiri. Sekarang ini seakan menjadi peringatan berbahaya mengenai perkembangan remaja. Remaja sekarang identik dengan kenakalan remaja.Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang dilakukan oleh remaja yang mana mereka telah melanggar norma, aturan, serta hukum. Hidup didunia ini tidak akan pernah lepas dari sebuah aturan baik itu aturan dalam kelurga, sekolah, ataupun masyarakat. Sejatinya semua aturan yang ada pada lingkungan tersebut merupakan sebuah kebaikan yang harus dijalankan. Hanya saja tidak sedikit dari para remaja yang meyimpang karena pengaruh pergaulan atau teman. Remaja saat ini lebih memilih untuk bersenang-senang sesaat dan merusak diri sendiri. Disini terlihat jelas, remaja yang gemar minum-minuman keras, mereka mengabaikan kandungan minuman keras yang berbahaya serta dapat mengancam hidup mereka dan lebih memilih untukmerusak diri mereka sendiri. Padahal minum-minuman keras dapat menimbulkan gangguan koordinasi, kebingungan, penurunan kesadaran, koma, bahkan kematian.
Selain minuman keras remaja juga kerap mencoba obat-obatan terlarang, terbukti baru-baru ini yaitu pada 8 November 2016 dilangsir oleh kabar5.com bahwa ada seorang pemuda yang nyaris tewas akibat mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Obat-obatan terlarang kini seakan mudah masuk ke lingkungan remaja, entah itu karena diajak teman, dipaksa teman, bahkan ada remaja yang penasaran untuk mencoba obat-obat terlarang tersebut.Apalagi baru-baru ini ada brownis bahkan permen yang didalamnya mengandung obat obat terlarang. Hal tersebut sangat disayangkan melihat banyak anak kecil yang menyukai jajanan sejenis brownis dan permen. Dari contoh diatas masih banyak lagi kenakalan-kenakalan remaja yang terjadi. Apa yang dilakukan para remaja memang tidak 100% kesalahan dari remaja itu sendiri, faktor keluaga,lingkungan sangat berpengaruh bagi perkembangan tingkah laku remaja. Remaja memang sangat mudah dipengaruhi dunia luar namun jika memiliki perhatian lebih kenakalan remaja dapat diminimalisir.
Negara ini sangat membutuhkan remaja sebagai generasi muda bangsa, generasi yang membawa kemajuan untuk bangsa. Generasi yang diharapkan dapat mengembangkan negara Indonesia ke arah yang lebih baik dengan mencapai tujuan negara yaitu melindungi segenap bangsa indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
2.   Dasar Pemikiran Dalam Kehidupan
           Generasi muda yang cerdas senantiasa menjunjung tinggi hakikat dalam kehidupan bernegara. Hal tersebut mencerminkan bahwasanya kehidupan berbangsa dan bernegara harus berdasarkan idrologi-ideologi yang telah di gagas dalam pancasila yang di jadikan sebagai landasan dasar dari kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam konteksnya  kehidupan bernegara itu perlu mengikuti alur yang telah di  buat oleh negara, agar semua kehidupan itu berjalan dengan baik mengikuti norma yang ada. Generasi masa sekarang harusnya menjadi generasi emas yang bisa menjadi sebuah panutan yang bisa menjadi kebanggaan dari negara indonesia. Semua itu tidak lepas dari kesadaran yang ada pada setiap individunya dan juga peranan pemerintah yang harus lebih mengedepankan akan pendidikan yang bisa membentuk moralitas yang baik bagi generasi muda saat ini.
            Kita perlu ingat kata-kata bijak “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan-nya”. Apa kalian tahu maksud dari kata itu? dan saya bisa memastikan bahwasanya dalam masa sekarang masih banyak orang dan generasi muda sekarang yang tidak mengetahui makna itu dan bahkan ada pula yang tidak pernah mendengar kata-kata itu, hal itu bisa di buktikan karena masih banyak orang yang melanggar etika dan melanggar semua yang telah di perjuangkan oleh para pahlawan di masa lampau. Baik, kali ini akan di bahas mengenai pengertian kata tersebut dalam konteks kehidupan yang sebenarnya. Kata-kata bijak tersebut adalah suatu dorongan agar setiap generasi setelah para pahlawan-pahlawan itu bisa meneruskan apa yang telah di perjuangkan dari pahlawan-pahlawan yang terdahulu, dalam segi pendidikan, agama, sosialitas, dan moralitas. Dimana dalam sudut pandang itu semua aspek yang ada merupakan kebebasan yang telah di peroleh di masa sekarang yang dahulu pernah di perjuangkan oleh segenap para pahlawan-pahlawan indonesia untuk mendapatkan kebebasan dalam menjalankan sebuah sistem kehidupan bernegara yang bebas dan layak tanpa campur tangan dan tekanan dari penjajah. Kata menghargai para pahlawan itu dalam konteks nyata bukan hanya menghargai dalam hal melakukan ziarah kemakam para pahlawan setiap akhir pekan atau setiap bulan, namun dalam nilai-nilai tersebut terkandung makna bahwasanya generasi muda yang akan datang itu harus memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negaranya, dalam bentuk perjuangan melalui pendidikan dan usaha-usaha untuk mencapai suatu kehidupan yang memiliki manfaat bagi diri sendiri, orang lain, dan negaranya sendiri sekalipun harus rela lelah dan letih tetaplah berjuang demi kemaslahatan yang akan di dapat nantinya.
            Kita perlu berfikir tentang bagaimana kita harus bisa memiliki suatu pemikiran yang bisa di jadikan sebagai patokan untuk hidup lebih baik dari yang sebelumnya. Dalam hal ini pemikiran yang di peroleh dari imajinasi kita di jadikan sebagai landasan dasar yang merujuk kepada pemikiran yang logis, dan tentunya juga kita jangan lupa bahwasanya pemikiran kita itu harus di dasari pada pemikiran yang luhur, karena bahwasanya pemikiran luhur adalah sebuah komposisi dari pemikiran kehidupan yang sudah mutlak dan hal itu sudah sanagat mendasari dari semua aspek kehidupan yang nyata. Sebuah konsepsi hidup akan bisa di buat ketika kita sudah mampu mengendalikan logika kita ke dalam isi dari hidup kita. Jalan yang lurus ataupun jalan yang berliku dalam kehidupan itu akan menjadi sebuah tantangan tersendiri dalam landasan dasar dari kehidupan kita. Yang pada intinya kehidupan ini mempunyai pemikiran dasarnya pada setiap individu yang ada.

       3. Teori tentang kehidupan dalam peradaban
 
            Realita kehidupan masa kini memang berubah drastis dari realita kehidupan di masa lampau, mengapa? karena hal itu di sebabkan oleh semakin majunya teknologi yang ada dan semakin banyaknya budaya-budaya barat yang masuk ke dalam negara ini, sehingga banyak orang yang belum bisa berfikir secara logis yang terpengaruh akan hal itu. Semakin  besar peradaban di dunia ini semakin besar pula hal baru yang akan muncul di dunia ini maka akan semakin banyak pula penyimpangan yang ada bilamana di dalam suatu peradaban tersebut seseorang tidak bisa mengikuti alur peradabannya dan tidak bisa berfikir secara logika nyata tentang peradaban dan pembaharuan yang ada di masa kini ataupun masa yang akan datang nanti. Dalam hal ini saya memiliki teori sendiri mengenai peradaban di dunia ini, “Bumi itu ibarat debu kecil yang lama-kelamaan akan mengecil dan semakin lama peradabaan tersebut maka semakin kecil debu itu dan akan hilang dilang karena hukum alam yang telah di patenkan oleh sang kuasa”. Dalam teori yang saya buat ini menjelaskan bahwasanya peradaban di bumi ini segala sesuatu akan semakin canggih dan semakin banyak inovasi-inovasi yang di ciptakan dalam kehidupan ini namun semua hal itu tidak akan berarti karena itu ada di bumi, mengapa? karena bumi adalah suatu yang amat kecil di dalam tata surya yang ada, dalam hal ini peradaban di dunia ini hanyalah sebuah komposisi kehancuran bumi bukan hanya di lihat dari segi ilmiah namun dari segi kehidupannya juga yang akan semakin kacau karena semuanya akan di perbudak oleh kemegahan dan kehebatan alat yang ada di bumi ini yang semakin lama akan di serahkan oleh mesin-mesin yang canggih. Dan semakin lama manusia akan lupa apa itu kehidupan yang sebenarnya itu yang harus di dasari dengan usaha bukan hanya berpegang dengan satu alat saja.
            Semua yang sudah di bayangkan bisa teratasi dan bisa menjdi suatu makna yang akan lebih memiliki arti bilamana generasi masa kini dan yang akan datang memiliki konsep pemikiran yang logis dan tidak hanya puas dalam satu tujuan namun selalu berfikir apa dampak dan bagaimana realita kehidupan yang akan di hasilkan nantinya dari semua yang di lakukan. Dan semua itu kembali lagi pada hakikat hidup dari setiap individu akan sudut pandang hidupnya dan kesadaran dirinya, semua itu akan berjalan dengan baik ketika dalam dirinya tertanam jiwa yang memiliki pandangan filosofi hidup yang baik dan bagus dalai realita kehidupan nyatanya. Tak bisa di pungkiri lagi semua itu adalah hal yang mutlak ada dalam setiap individu dan dalam setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga realita dalam kehidupan di dunia ini memiliki banyak warna dan banyak sekali alur cerita yang terjadi di dalam kehidupa ini. Di masa kini penuh dengan argumen yang menghiasi kehidupan di dunia ini yang membuat suasana di masa kini menjadi tidak konstan kadang terlihat lebih baik dan bahkan pula terlihat lebih buruk.
            Kata-kata mutiara yang akan saya berikan dalam kutipan yang telah saya buat ini tentang generasi muda masa sekarang dan tentang peradaban dalam kehidupan saat ini adalah “Jadilah bunga yang harum dan akan terus harum mengharumi seluruh kehidupan di alam ini dan janganlah kau menjadi warna hitam dalam pelangi kehidupan alam ini

             4. Konsep hidup pada masa peradaban

Hidup adalah sebuah perjalanan yang semakin hari semakin berkembang dan semakin lama semakin sulit untuk kita beradaptasi di dalamnya karena peradaban yang sekarang semakin lama semakin tinggi, dari tingkat teknologi dan realita kehidupannya. Dalam menyikapi hal ini kita disini akan membahas mengenai bagaimana konsep hidup yang baik dan benar pada masa peradaban saat ini agar kehidupan itu lebih baik dan bisa berjalan seperti apa yang kita inginkan. Kita itu harus belajar agar bisa menjadi seperti bunglon yang bisa beradaptasi dengan cepat padalingkungannya dan bisa ber-kamuflase terhadap lingkungannya untuk bisa tetap hidup dan bisa menjalani kehidupannya dengan aman dan nyaman. Dalam hal ini secara logis pemikiran manusia harus bisa menciptakan sebuah gagasan yang bertujuan untuk bisa menjadikan dirinya itu berkembang dan bisa lebih maju dalam mengeksplor kehidupan di sekelilingnya. Kita juga bisa melihat dari sudut pandang sederhana seperti contohnya kita belajar dari kesuksesan orang lain itu berawal dari apa dan bagaimana mereka bisa meraihnya. Hal itu bisa di jadikan sebagai konsep dalam kehidupan kita nantinya karana itu sudah pasti baik kedepannya, ingat “sesuatu hal yang menghasilkan sebuah kebaikan atau kebagusan itu pasti di dasari dari cara yang indah dalam menyusun konsepnya”, Begitu pula dalam kehidupan ini bila mana seseorang melihat konsep dari orang yang sukses dan mengembangkannya dalam dirinya maka konsep hidup itu akan membuahkan hasil yang bagus nantinya dalam kehidupan.
Segala aspek yang ada di kehidupan di dunia ini pasti memiliki tujuan, dan hal itu yang harus di miliki oleh setiap individu dalam kehidupan modern saat ini. Konteks kehidupan di dunia ini merupakan hakikat yang mestinya di utamakan oleh segenap manusia karena hidup itu bukan hanya untuk individual namun bersifat universal. Konsepsi kehidupan universal ini mengasumsikan pada seluruh konsepsi hidup dalam semua manusia yang ada di bumi ini, dan konsep itulah yang menjadi landasan ideologi dari setiap individu. Saya berikan contoh sebuah kehidupan di masa lampau yang di lakukan oleh seseorang ilmuwan fisika yang bernama Fareday itu nama kecil dari ilmuwan fisika yang menemukan teori tentang elektro magnetik. Fareday adalah seseorang yang miskin dahulunya, ia hanya lulus dari sekolah dasar dan ia tidak pandai dalam pelajaran apapun, namun sosok dari Fareday ini adalah sosok yangmemiliki konsep hidup yang bagus, dia memiliki sifat rasa ingin tahu yanng sangat tinggi dan karena hal itulah ia bisa menciptakan teori elektro magnetik yang di gambarkannya lewat sketsa gambar yang di buatnya, berawal dari prinsip pemikirannya yang selalu ingin tahu itulah yang membuat Fareday bisa membuat sebuah konsep teori yang amat sangat luar biasa, padahal Fareday itu tidak hebat dalam segi matematis namun dia mampu mengetahui potensi dirinya yang ternyata bisa menjelaskannya secara fisis sehingga ia bisa berfikir secara logis dan mengembangkannya menjadi suatu teori yang saat ini di sebut sebagai hukum Fareday.

Dari cerita di atas kita tahu bahwasanya konsep dari pemikiran itu sangatlah penting dalam kehidupan ini. dengan kita memiliki konsep pemikiran dan sifat yang kita miliki kita bisa mengembangkannya dan kita bisa menjadikan semua itu sebagai dasar dari awal mula kebarhasilan kita dalam menciptakan sesuatu hal atau meraih sesuatu yang di inginkan kita. Konsepsi pemikiran hidup yang baik akan berbuah keindahan hasil yang kita impikan, namun jika sebuah konsepsi-konsepsi pemikiran hidup dalam diri tidak ada jangan berharap kita bisa mendapat apa yang kita inginkan. Ingat “setiap kehidupan itu ada tujuannya dan setiap yang ada di dunia itu ada fungsinya”, bila mana kita sudah tahu definisi dari hal itu semua pasti kehidupan bisa di jalani dengan pasti dan akan berbuah manis dalam kehidupan.

  

BAB III
 KESIMPULAN
 
Generasi muda saat ini adalah generasi emas yang akan menadi cikal bakal dari kehidupan di masa depan. Maka dari itu perlu kita jelaskan pada generasi muda masa kini tentang apa itu yang namanya kehidupan yang sebenarnya dalai keadaan yang nyata dan bisa di jelaskan secara teori dan konsepsi. Bahwasanya dalam hidup ini yang paling penting adalah konsep pemikiran dalam hidup dan tujuan dari hidup, yang dimana hal itu jika di lihat dari sudut pandang ontologi konsepsi pemikiran hidup itu adalah sebuah pemikiran yang di lihat dari hakikatnya yang mujuk kepada hal layak dalam hidup. Segala aspek dalam hidup akan terpenuhi bilamana kita memiliki hakikat hidup dan kita bisa menjadikan hakikat hidup kita sebagai landasan dari kehidupan. Generasi muda masa kini harus memiliki hakikat hidup yang baik agar mereka bisa menjalani hidupnya seperti apa yang di inginkan dalam keadaan yang layak dalam kehidupan nyata. kata-kata mutiara untuk generasi muda saat ini yang akan saya berikan “Jadilah garuda emas yang menjadi perhiasan bangsa jangan jadi patung perunggu yang di selimuti lumut yang hijau”.